Selasa, 27 Nopember 2012

Cara Menyelamatkan Seseorang yang Akan Tenggelam
Teks oleh Richie Setiawan

Siapapun bisa saja tenggelam dan efeknya bisa sangat mematikan. Namun, dengan teknik yang benar, seseorang yang akan tenggelam dapat diselamatkan.

Bumi yang kita huni ini sebagian besar terdiri dari air. Karena itu, tidak sulit menemukan tempat yang banyak airnya, misalnya pantai. Malah, pantai adalah salah satu tujuan wisata paling populer. Namun, jika anda tidak cukup berhati-hati, pantai bisa berubah menjadi tempat yang sangat berbahaya. Saat bermain di pantai, anda bisa saja tenggelam di lautan yang mengitarinya.

Jika anda melihat seseorang tenggelam di pantai, hal paling masuk akal yang akan anda lakukan, terutama jika anda tidak ahli berenang, adalah meminta pertolongan dari penjaga pantai. Namun, penjaga pantai mungkin saja tidak selalu bisa ditemukan. Dalam hal ini, apakah yang harus anda lakukan, mengingat anda bukanlah seorang perenang ulung? Untunglah, anda tidak perlu menjadi seorang jago renang untuk menolong seseorang yang akan tenggelam. Jadi, inilah beberapa hal yang harus anda lakukan – atau, paling tidak, anda coba – untuk menyelamatkan seseorang yang akan tenggelam.

Cari Bala Bantuan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari bala bantuan sebanyak-banyaknya dari orang-orang di sekeliling anda. Seperti disebutkan sebelumnya, anda dapat meminta bantuan penjaga pantai. Namun, jika penjaga pantai sedang tidak ada di tempat, anda juga dapat meminta pertolongan orang lain di daerah tersebut. Teriaklah minta tolong dan tarik perhatian orang-orang.

Namun, jika anda gagal, anda dapat selalu menghubungi 911 tapi anda harus melakukannya sesegera mungkin. Karena saat ini anda berada di pantai, maka kemungkinan anda akan menghubungi 911 menggunakan telepon selular (ponsel). Dalam hal ini, anda perlu tetap tenang sehingga anda dapat memberitahukan lokasi anda saat ini dengan jelas kepada petugas 911. Di samping itu, jangan pernah mematikan telepon anda kecuali diminta oleh pihak petugas 911.

Panik Tidaklah Menolong

Sama halnya dengan anda yang mencoba untuk tidak panik, anda juga harus meminta korban melakukan hal serupa, jika korban dalam keadaan sadar. Untuk seseorang yang berada dalam keadaan sedang akan tenggelam, bersikap panik hanya akan memperburuk keadaan karena akan semakin menghabiskan oksigen di dalam tubuh mereka.

Waspadai Keselamatan Anda Sendiri

Saat berusaha menyelamatkan seseorang yang akan tenggelam, anda juga perlu tetap waspada terhadap keselamatan diri anda sendiri. Anda tidak akan menolong jika anda sendiri menjadi korban berikutnya. Oleh karena itu, disarankan anda menggunakan peralatan yang akan menjaga anda tetap mengapung, apalagi jika anda kurang pandai berenang.

Tarik Korban

Untuk melakukan ini, anda memerlukan sesuatu yang cukup kuat, misalnya tongkat atau ranting pohon. Anda juga dapat mengikatkan seutas tali dan melemparkannya kepada korban jika ia berada dalam keadaan sadar.

Namun, karena tenggelamnya seseorang biasanya terjadi tiba-tiba saja, mungkin tidak akan selalu ada tali di sekitar anda. Dalam hal ini, anda sebaiknya mengumpulkan beberapa orang dan bergandengan tangan bersama-sama dalam mencoba menggapai korban. Namun, sangat penting bagi orang terakhir dalam kelompok penyelamat ini untuk berpegangan pada sesuatu yang kokoh untuk menjaga agar keseluruhan kelompok tidak ikut terseret ke dalam air. Dan, bagi orang yang terdekat posisinya dengan korban, tidak disarankan sama sekali untuk melakukan kontak fisik secara langsung dengan korban – yang biasanya panik – demi keselamatan semua pihak.

Jika korban berada dalam keadaan tidak sadar, anda dapat mencoba pergi ke arah korban menggunakan perahu atau menarik korban balik ke pantai dengan terlebih dulu mengikatkan tali ke pinggang anda demi keselamatan. Kemudian, setelah korban berhasil dikeluarkan dari air, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menekan tangan anda ke dada korban karena kemungkinan besar paru-paru korban telah kemasukan air. Jika ini tidak berhasil, CPR mungkin perlu dilakukan sebagai upaya penyelamatan terakhir yang dapat anda lakukan sebelum petugas 911 ataupun medis tiba di lokasi kejadian.

drowning2
Click here for English version

newsoffame.com

Protected by Copyscape Online Plagiarism Check 

Richie Setiawan, EzineArticles.com Platinum Author 

 

DMCA Copyright Logo 

twitterbutton-0208

 

Follow us on HubPages

Follow us on HubPages

 

 

 

Ad Offer
Ad Offer_2
Ad Offer_2